Kebenaran Bagi Dunia


Ada ribuan gereja yang berbeda-beda di dunia ini. Masing-masing denominasi ini mempunyai pengajaran sendiri yang berbeda dari pengajaran denominasi-denominasi lainnya. Masing-masing gereja ini disebut dengan nama yang berbeda-beda pula. tetapi semuanya mengaku mengikuti Alkitab. Apakah ini mungkin? Tidak! Alkitab berisi hanya satu pengajaran. Tetapi masing-masing denominasi ini mempunyai pengajaran yang berbeda-beda.

Gereja apakah yang benar? Bagaimanakah kita dapat mengetahui mana yang benar? Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya. Marilah kita pergi ke Alkitab. Alkitab akan mengatakan kepada kita apa dan bagaimana gereja Kristus itu.

Alkitab menolong kita untuk mengerti seperti apa gereja Kristus itu. Alkitab menunjukkan gereja dengan “kiasan” atau “gambaran”. Marilah kita melihat beberapa gambaran ini supaya kita bisa mengerti seperti apa gereja yang benar itu.


KERAJAAN

Alkitab sering menggambarkan gereja Kristus sebagai sebuah kerajaan. Kadang-kadang gereja disebut “Kerajaan Allah” karena Allah penguasanya. Anggota-anggota gereja adalah warga dari kerajaan tersebut.

Kadang-kadang gereja disebut “Kerajaan surga” karena gereja adalah kerajaan rohani. Gereja bukanlah sebuah kerajaan duniawi.

Kita tahu bahwa kerajaan dan gereja ditujukan pada hal yang sama karena Kristus pun menggunakan kedua kata ini demikian, contohnya, mari kita dengarkan perkataan Yesus kepada Petrus, “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga" (Matius 16:18, 19).

Allah telah mendirikan kerajaan-Nya di atas bumi. Kerajaan itu dimulai pada hari Pentakosta setelah kebangkitan Kristus. Bacalah Kisah Rasul 2:1-47. Pendirian gereja mulai di kota Yerusalem, karena gereja dan kerajaan itu sama, maka kita tahu bahwa gereja Kristus mulai di Yerusalem. Pendirian gereja mulai pada hari pertama dalam minggu itu, yang bertepatan dengan hari Pentakosta setelah Yesus bangkit dari antara orang mati. Kalau ada gereja yang mulai di tempat lain selain dari pada Yerusalem, maka bukanlah gereja yang benar. Kalau ada gereja yang mulai pada waktu selain dari pada hari Pentakosta, maka bukanlah gereja yang benar.

Sebelum Yesus kembali ke surga, Dia berkata, "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem” (Lukas 24:46, 47).


BAIT ALLAH

Alkitab kadang-kadang menggambarkan bait Allah. “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan” (Efesus 2:19-21).

Dalam Perjanjian Lama, kita dapat membaca bagaimana Salomo membangun bait Allah (1 Raja-raja 8:12,13). Sekarang, gereja adalah bait Allah. Allah tinggal dalam gereja-Nya melalui Roh-Nya. “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu” (1 Korintus 3:16,17).


KELUARGA ALLAH

Kadang-kadang Alkitab menggambarkan gereja sebagai keluarga Allah. “Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran” (1 Timotius 3:15).

Dalam keluarga-Nya, yaitu gereja, Allah adalah kepala keluarga-Nya. Anggota-anggota gereja adalah anak-anak-Nya. Seseorang menjadi anggota sebuah keluarga dengan dilahirkan ke dalam keluarga itu. Demikian juga dengan keluarga Allah. Seseorang harus dilahirkan kembali untuk menjadi anggota keluarga itu. “... Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah” (Yohanes 3:5).


SEBUAH BANGSA YANG KUDUS DAN SEBUAH IMAMAT YANG BERKERAJAAN

Gambaran lain gereja Kristus adalah sebuah bangsa yang kudus dan sebuah imamat yang berkerajaan. “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib” (1 Petrus 2:9)

Pada zaman Perjanjian Lama, Allah memilih bangsa Israel untuk menjadi umat-Nya. Sekarang ini gereja Kristus adalah bangsa pilihan Allah. Pada bangsa Israel, ada kelas khusus orang yang melayani sebagai imam-imam. Hanya para imam yang diizinkan untuk melaksanakan ibadah umum kepada Allah. Tetapi dalam gereja Kristus setiap anggota adalah seorang imam. Setiap anggota dapat berdoa kepada Allah bagi dirinya sendiri.


TUBUH KRISTUS

Banyak kali Alkitab menggambarkan gereja Kristus sebagai tubuh-Nya. “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu” (Efesus 1:22,23). 

Gereja adalah tubuh Kristus. Kristus adalah kepala tubuh. Dia memerintah dari surga. Surga adalah pusat gereja Kristus. Tubuh manusia hanya memiliki satu kepala. Tubuh Kristus, gereja hanya memiliki satu kepala. Kristus adalah kepala gereja! Gereja Kristus tidak memiliki paus atau presiden di bumi untuk memerintah atas gereja.

Gereja adalah tubuh Kristus. Kristus hanya memiliki satu tubuh. Oleh karena itu, Kristus hanya memiliki satu gereja saja. “satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu” (Efesus 4:4).

Ada ribuan denominasi yang berbeda-beda di dunia sekarang ini. Gereja Kristus adalah tubuh-Nya. Apakah Kristus memiliki ribuan tubuh yang berbeda-beda? Tentu tidak! Seorang manusia hanya memiliki satu tubuh, yaitu gereja.

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan agar dapat kami tampilkan. Terima kasih.