Oleh: J.C. Choate

Apabila berbincang-bincang dengan orang-orang di India tentang Gereja Kristus, maka tampak jelas bahwa banyak di antara mereka yang belum pernah mendengarkan tentang Gereja Kristus. Bagaimana dengan Anda? Mungkin saja memang Anda sudah pernah mendengarkan tentang Gereja Kristus, tetapi saya ingin bertanya kepada Anda, “Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Gereja Kristus”? Jika belum, maka saya akan bertanya kepada Anda seperti kepada orang lain. “Mengapa Anda belum pernah mendengar Gereja Kristus?” “Apakah Anda tidak mempunyai Alkitab? Gereja apakah yang pernah Anda baca di dalam lembaran-lembaran Alkitab itu? Jika Anda kembali membaca Alkitab Anda, maka Anda akan menemukan, ternyata Alkitab hanya menyatakan satu gereja saja, yaitu Gereja Kristus. Lalu mengapa Anda belum pernah mendengarkan tentang gereja ini? Mengapa banyak juga yang lain yang belum pernah mendengarkannya, sementara Anda telah lama mempunyai Alkitab?” Banyak orang menjadi anggota dari beberapa gereja-gereja denominasi di daerah tertentu, tetapi bagaimana dengan Gereja Kristus?

Gereja Kristus itu ada di seluruh dunia. Gereja itu tidak berdiri di setiap tempat, tetapi gereja tersebut dapat saja ditemukan di tempat dimana terdapat orang-orang yang mengikuti Alkitab dan mengikuti hanya Alkitab saja. Gereja Kristus itu bukan denominasi, sekte atau gereja buatan manusia. Gereja Kristus itu, juga bukan Khatolik, Protestan atau agama Yahudi. Kalau demikian, apakah Gereja Kristus itu? Gereja Kristus itu adalah gereja yang Anda dapat baca di dalam Alkitab yang terdiri dari orang-orang yang taat kepada Tuhan dan yang setia kepadaNya.

Kristus adalah Pendiri Gereja Kristus itu.
Lihat dan baca sendiri di dalam Matius 16:18, Kristus berkata, “Dan di atas batu ini Aku akan mendirikan jemaatKu.”

Tempat berdirinya Gereja itu adalah Yerusalem.
Hal itu berarti bahwa gereja itu sudah berdiri sejak 2000 tahun yang lalu. Silahkan membaca kembali Kisah Rasul 2 yang berbicara tentang awal mula berdirinya gereja itu. Kejadian inilah juga yang menjadi dasar penentuan tahun berdirinya Gereja Kristus itu.

Gereja memakai nama “Kristus” sebagai pendiri dan pemilikNya.
Sebagai sebuah gereja, hal ini adalah kebenaran. “Semua jemaat Kristus mengirim salam kepadamu” (Roma 16:16). Hal ini juga benar bagi anggota gereja itu. “Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen” (Kisah Rasul 11:26). Alkitab akan menjadikan Kristen saja. Tolong diingat itu.

Kristus mendirikan hanya satu Gereja saja.
Di dalam Efesus 4:4, Gereja itu disebut tubuh. Di dalam Kolose 1:18, penulis mengatakan bahwa tubuh itu adalah Gereja; sebab itu hanya ada satu gereja.

Kristus adalah Kepala Tubuh itu.
Hal ini dinyatakan di dalam Efesus 5:23. Hal itu berarti apabila seseorang itu ingin selamat, maka dia harus menjadi anggota Gereja Kristus itu.

Kristus mati bagi Gereja (Efesus 5:25; Kisah Rasul 20:28).
Hal ini menyatakan bahwa Gereja Kristus itu sangat berarti bagiNya. Apakah Gereja Kristus itu sangat berarti bagi Anda?

Orang-orang yang selamat ditambahkan ke dalam Gereja itu (Kisah Rasul 2:47).
Kristus menambahkan orang-orang yang sudah selamat ke dalam gereja yang benar, yaitu gerejaNya.

Dia kembali bagi GerejaNya (Efesus 5:27).
Bagaimana apabila pada saat kedatanganNya Anda belum menjadi anggota Gereja Kristus itu? Pikirkanlah hal itu.

Gereja Tuhan sudah ada di dalam dunia ini. Anda dapat saja menjadi anggotanya apabila Anda mengasihi Tuhan, membaca dan mempelajari firmanNya serta melakukan apa yang diajarkan di dalamnya. Dengan melakukan yang demikian, Anda akan percaya firman Allah dan penulisnya serta Yesus Kristus Anak Allah (Ibrani 16:6; Yohanes 14:1-3; Roma 10:17), Anda akan bertobat dari dosa-dosa Anda dan meninggalkan dosa-dosa itu (Lukas 13:3; Kisah Rasul 17:30; Kisah Rasul 2:38), mengaku Kristus Anak Allah (Roma 10:10; Matius 10:32), dan kemudian dibaptiskan (dikubur di dalam air) untuk pengampunan dosa-dosa (Kisah Rasul 2:38; Markus 16:16; Roma 6:3-4; Galatia 3:26, 27; 1 Petrus 3:21). Sebagai hasilnya Tuhan akan menambahkan Anda ke dalam gerejaNya (Kisah Rasul 2:47) dan Anda akan menjadi seorang Kristen saja (1 Petrus 4:16). Tindakan ini akan menjadikan Anda anggota Gereja Kristus di seluruh dunia dan di daerah Anda khususnya, dan gereja itu akan tetap berdiri selama ada orang-orang yang mengasihi Tuhan dan menaati Dia dan setia kepadaNya. Namun hal ini bukan berarti bahwa Anda akan menjadi anggota salah satu gereja lain, juga bukan memulai sebuah denominasi, karena gereja Tuhan bukan salah satu di antara denominasi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang gereja, silahkan memaca Alkitab Anda. Kami juga menyarankan agar Anda menghubungi kami secara pribadi untuk mendapatkan informasi atau untuk mendapat-kan kursus Alkitab tertulis.

“Bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin” (Efesus 3:21).

(Alih bahasa oleh: Victor Nainggolan)

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan agar dapat kami tampilkan. Terima kasih.